Trend Programming Zaman Now | 2017


Trend Teknologi Masa Kini | HMI UBL - Trend Programming Masa Kini | 2017 sulit dipercaya bahwa sekarang kita berada di tahun 2017. Tetapi dengan tahun yang baru ini juga muncul peluang baru, tantangan baru dan tentu saja proyek perangkat lunak baru. Tidak ada bahasa yang sempurna,jadi penting meluangkan waktu untuk memahami pengorbanan. Bila kamu memutuskan bahasa mana yang akan digunakan, maka kamu juga harus menentukan alat alat atau software yang akan digunakan. Pada artikel ini, saya memeriksa masing masing bahasa pemrograman terbaru dari sumber indrusti terkemuka untuk membantu kamu membuat keputusan yang benar bedasarkan kebutuhan kamu.
1. JavaScript

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client tersebut adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk menjalankan JavaScript kita hanya membutuhkan aplikasi text editor dan browser. JacaScript dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha yang kemudian diganti namanya menjadi LiveScript dan akhirnya menjadi JavaScript. Javascript bisa dikatakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript ini memiliki fitur yang berorientasi pada objek. 

Kelebihan JavaScript

- Multiplatform, maksud dari multiplatform adalah dapat dijalankan di berbagai sistem operasi    komputer.
- Pemrograman yang berorientasi pada objek yang maksudnya adalah semua yang terdapat di      Java adalah objek.
- Perpustakaan ( Library ) yang lengkap, dengan adanya library ini sangat memudahkan                 programmer untuk membangun sebuah aplikasi.

Kekurangan JavaScript

- Script yang digunakan tidak terenkripsi
- Memiliki keterbatasan objek
- Kemampuan terbatas untuk membuat program aplikasi sendiri.
2. Java

Pengertian Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah cukup lama dari era 1990 sampai sekarang. Bahasa ini dibuat oleh James Gosling saat ia masih bergabung di Sun Microsystem. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaks yang terdapat pada C dan C++.Java semakin berkembang dan melebarkan dominasinya di bidang yang lainnya. Bahasa pemrograman ini bisa dijalankan di berbagai komputer dan juga telepon genggam. Salah satu penggunaan terbesar java digunakan dalam pembuatan aplikasi untuk android. Java memiliki berbagai web framework unggulan contohnya Spring, Play Framework, Spark, dan Java Server Pages.

Kelebihan Java

- Dapat dijalankan di berbagai sistem operasi komputer
- Bahasa yang digunakan tidak begitu rumit 
- Pemrograman berorientasi objek
- Terdapat library yang memudahkan user untuk membangun sebuah aplikasi
- Pengumpulan sampah secara otomatis, sehingga kita tidak perlu mengatur memori secara langsung.

Kekurangan Java

- Kurang Kompatible karena masih ada hal yang tidak mendukung antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya.
- Penggunaan memori yang banyak, karena pemrograman java memakai penyimpanan yang besar dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.

3. PHP


Pengertian PHP

PHP adalah bahasa scripting server-side yang terutama difokuskan pada pengembangan web. PHP merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan situs populer seperti WordPress dan Facebook. Jika teman-teman coder ingin menjadi seorang pengembang web, PHP adalah bahasa penting yang memiliki kualitas tingkat tinggi dan kerumitan tingkat rendah. Mungkin untuk saat ini PHP lah bahasa yang populer dan pasti digunakan pada setiap website/aplikasi.

Kelebihan PHP

-  Bisa membuat website menjadi dinamis
- Open source
- Program yang dibuat dengan script php support disemua OS
- Lebih cepat
- Mendukung banyak paket Database
- Didukung oleh apache dll

Kekurangan PHP

- Tidak cocok untuk pembuatan projek skala besar
- Kelemahan pada security
- Kode php dapat dibaca oleh semua orang



4. Phyton


Pengertian Phyton

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang multiguna, dan lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Inilah yang membuat phyton mudah dipelajari untuk pemula maupun yang sudah menguasai bahasa yang lain. Saat ini phyton bisa dijalankan diberbagai platform seperti Windows, Linux, Mac OS, Java Virtual Machine Dll. Phyton sendiri dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam yang mana ini adalah kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC.

Kelebihan Phyton

- Tidak ada deklarasi tipe data yang merumitkan
- Terdapat kelas, modul, eksepsi sehingga ada dukungan pemrograman skala besar
- Konstruksi pada saat aplikasi berjalan
- Kompilasi untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah

Kekurangan Phyton

- Phyton bukan perangkat pembantu terbaik
- Phyton tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman
- Phyton tidak secepat atau efisien seperti bahasa pemrograman yang lain

5. Ruby


Pengertian Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis dan juga sederhana. Ruby mudah dipahami karena bahasanya seperti bahasa pemrograman HTML. Tujuan dibuat bahasa pemrograman ruby ini adalah untuk menggabungkan semua bahasa pemrograman. Ruby pertama kali dibuat oleh programmer asal jepang bernama Yukihiro Matsutomo pada tahun 1993.

Kelebihan Ruby

Mudah dipelajari
- Sintaks sederhana
- Memiliki exception handling yang baik
- Bahasa pemrogrman berorientasi objek
- Open source
- Didukung oleh semua OS

Kekurangan Ruby

- Kualitas IDE untuk ruby masih jauh daripada .net dan java
- Program ruby lebih lambat karena ruby masih fully interpreted
- Implementasi thread diruby masih berupa green thread, hal ini yang membuat aplikasi GUI tidak bisa diimplementasikan di ruby

6. C++



Pengertian C++ 

C++ adalah bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C. Bahasa pemrograman ini dibuat untuk mendukung pemrograman berorientasi objek ( OOP ) yang tidak dimiliki C. Dennis Ritchie adalah orang yang mengembangkan C++ pada tahun 1990. Pada awalnya bahasa ini dirancang untuk dijalankan pada sistem Unix. Untuk era saat ini C++ bisa dikatakan bahasa yang cukup populer untuk membuat sebuah program.

Kelebihan C++

- Bahasa C++ tersedia di semua komputer/os
- Proses executable C++ lebih cepat
- Dukungan library yang cukup banyak
- C++ sudah mendukung OOP
- C++ dapat membuat sebuah aplikasi dengan graphic prosessor kualitas tinggi

Kekurangan C++

- Terlalu banyak operator serta flexsibilitas dan terkadang ini yang membingungkan pemrogram
- Untuk pemula akan kesulitan menggunakan konsep OOP
- C++ sangat sensitif, sehingga huruf besar, kecil dianggap berbeda.

7. C#


Pengertian C#

C# adalah bahasa pemrograman sederhana yang digunakan untuk membuat berbagau fungsi, misalnya untuk membangun aplikasi dekstop/mobile game Dll. C++ juga mengusung konsep objek seperti inheritance, class, polymorphism. C# ini berhubungan dengan framework ( NET Framework), inilah yang nanti berfungsi untuk menjalankan kode C#. Bahasa pemrograman ini masih terus dikembangkan dengan harapan para pengguna C# tetap nyaman menggunakan bahasa ini.

Kelebihan C#

- dapat langsung dieksekusi di pc kita
- Memiliki perintah yang hampir sama dengan C++ dan gaya bahasa yang halus sehingga mudah digunakan
- Management memory yang lebih mudah

Kekurangan C#

- Untuk pemula sulit untuk menggunakan bahasa ini
- Banyak operator dan flexsibilitas sehingga terkadang membingungkan pengguna

8. GO ( Golang )


Pengertian Go

Go adalah bahasa pemrograman google. Go merupakan bahasa pemrograman kedua yang pernah dirilis oleh google pada tahun 2009. Bahasa pemrograman ini mudah, sederhana, handa l dan efisien untuk digunakan diera yang modern seperti sekarang ini. Ketika menggunakan ini diharapkan para programmer lebih cepat dalam membuat sebuah program. Go akan rilis stabil dan akan maju kompatible pada rilis yang akan mendatang. Go sendiri dikembangkan oleh Robert Griesemer, Rob Pike dan Ken Thompson pada tahun 2007 dan diperkenalkan pada tahun 2009.

Kelebihan Go

- Mendukung pemrosesan data dengan banyak prosesor
- Memiliki garbage collector
- Modul yang disediakan sangat lengkap
- Open source

Kekurangan Go

- Belum memiliki versi stabil



9. Swift


Pengertian Swift

Swift diperkenalkan oleh Apple pada acara tahunan WWDC 2014. Apple memutuskan untuk membuat bahasa pemrograman aplikasi iOS dan OS X nya. Akibatnya, Swift lahir. Sejak saat itu, telah terdapat permintaan yang luar biasa dan pengembangan belajar keterampilan ini dalam jumlah besar. Swift didesain untuk berdampingan denganObjective-C dan menghindari program dari kode yang salah.

Kelebihan Swift

- Mudah digunakan
- Terdapat berbagai macam tools untuk menulis kode
- Lebih aman

Kekurangan Swift

-  Hanya dapat digunakan untuk iOS dan OS X

10. Scala


Pengertian Scala

Scala adalah sebuah general purpose programming language. Scala telah dirancang untuk menjadi ringkas dan memenuhi kekurangan java. Kode sumbernya dimaksudkan untuk di kompilasi ke bytecodejava untuk memungkinkan kode yang dihasilkan berjalan di Java Virtual Machine. Scal dirancang untuk tumbuh dengan permintaan. Scale diperkenalkan pada tahun 2003 oleh Martin Odersky.

Yups, itulah bahasa pemrogramman yang ada saar ini, tidak menutup kemungkinan para developer akan terus berinovasi untuk menambahkan kemampuan pada setiap bahasa pemrograman tersebut. Walaupun sekarang sudah banyak bahasa pemrograman bisa saja dimasa yang akan datang akan ada bahasa pemrograman baru untuk mendukung kemajuan teknologi.


(Trend Teknologi Masa Kini | HMI UBL - 11 November 2017)

0 Response to "Trend Programming Zaman Now | 2017 "

Post a Comment

Ads Inside Post