Belajar Web Programming, Harus Mulai dari mana?


Trend Teknologi Masa Kini | HMI UBL - Web Programming, Bagi programmer, computer scientist atau developer tentu sudah tahu manfaat belajar  Bahasa Pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi. Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan mereka. Tapi bagi orang yang masih belajar atau masih bau kencur, tentu tak hanya sebatas meningkatkan kemampuan melakukan pemrograman yang telah didapatkan.

"Belajar Web Programming, Harus dimulai dari mana?" Pertanyaan ini juga dapat dipikirkan saya sewaktu masih belajar web programming, apakah mesti belajar ALGORITMA dulu? HTML? atau apa? Juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi Web Programmer yang pakar. Dengan belajar bahasa pemrograman, kita dapat membuat sebuah web yang dinamis dengan melakukan koneksi terhadap sebuah database.


Web adalah suatu metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa gambar, suara atau teks maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser. Web itu tidak langsung jadi, harus melalui sebuah coding dengan bahasa pemrograman. Jadi, kita harus belajar bahasa pemrograman untuk dapat membuat sebuah web. Langsung kita simak saja !
Saya ingin Mempelajari Web Programming, Harus dimulai dari mana?

Jawaban singkatnya: Mulai dari HTML

1. HTML
HTML adalah inti dari seluruh halaman web. HTML itu merupakan pondasi dari sebuah halaman web. Kamu tidak harus memiliki dasar dasar dari programming ataupun pengetahuan tentang algoritma apapun. HTML, Belajar apa? Ia hanya akan mempelajari dasar dari pemrograman sebuah web sebelum kita menguasai pemrograman berikutnya dalam lingkungan Web Programming.

2. CSS 
Jika sudah mengusai HTML (minimal dasar dasar HTML nya), Kita bisa memilih CSS atau PHP. Jika kamu lebih ingin ke desain website nya, silahkan lanjut mempelajari CSS. Tapi jika kamu ingin membuat aplikasi web seperti membuat laporan, menyimpan database, pemrosesan form dll kamu bisa lanjut ke PHP.
Saya sendiri lebih menyarankan untuk memilih css terlebih dahulu, karena kita akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web
Berbeda dengan HTML, CSS digunakan untuk mendesain halaman web sedangkan HTML merupakan dasar atau pondasi dari sebuah halaman web. Baik CSS atau HTML bukanlah Sebuah 'bahasa pemrograman' melainkan bahasa struktur yang terdiri dari perintah perintah sederhana.
Web programming dengan PHP

3. PHP
Setelah memahami HTML dan CSS, kamu bisa lanjut ke PHP. berbeda dengan HTML dan CSS, PHP dikatakan MURNI sebuah bahasa pemrograman komputer. HTML dan CSS masih dikatakan sebuah bahasa kode, Di PHP inilah web programming yang sebenarnya.
PHP itu digunakan untuk membuat 'program' dari sebuah website. Mulai dari berkomunikasi dengan database seperti MySQL, mengatur logika, hingga memproses hasil form HTML. JIka kamu membuat sebuah website Modern, tentu waktu kamu akan dihabiskan untuk membuat kode program PHP, terutama website yang kaya fitur seperti sistem portal berita, informasi, ujian nasional, dll.
Menyimpan Data di Database MySQL

4. Database
Ketika Kita membuat website dengan PHP, kadang kita perlu menyimpan data seperti hasil perhitungan regristrasi user, laporan penjual, dll. Media penyimpanan ini dikenal dengan  database.
Terdapat banyak sekali aplikasi database yang dapat digunakan, saat ini yang populer untuk Web programming adalah MySQL. Kamu dapat mempelajari MySQL  bersamaan dengan PHP atau fokus kesalahsatunya terlebih dahulu.
Animasi dengan Javascript

5. JavaScript
Materi terakhir kita adalah menguasai Javascript. Sama halnya seperti PHP, Javasript merupakan bahasa pemrograman yang murni. JavaScript digunakan untuk membuat halaman Website lebih interaktif, seperti apa yang terjadi jika tombol di-klik, menampilkan pesan kesalahan jika salah mengisi form, membuat animasi hingga game online berbasis web.

Sebenarnya, kamu bisa langsung mempekajari JavaScript setelah belajar HTML, tapi saya menyarankan untuk mempelajari javascript setelah paham PHP, terutama jika kamu belum pernah mempelajari bahasa pemrograman komputer sebelumnya.


Hmm, okelah Saya sudah paham tentang HTML, CSS, PHP, MySQL dan JavaScript. Jadi apakah sudah selesai? Dunia ilmu komputer, terutama web programming berkembang dengan sangat cepat. Setiap bulan (jika bukan setiap hari) lahir teknologi baru yang bisa digunakan untuk membuat website yang lebih 'jos' dalam waktu singkat. Teknologi ini hadir dalam bentuk library, plugin, framework, CMS bahkan Bahasa pemrograman baru.

Nah itu dia hal hal yang harus dipelajari untuk menjadi Web Programmer. Semoga tulisan yang sangat singkat ini bisa menjadi gambaran apa yang akan di hadapi dan apa yang harus kita kuasai untuk menjadi web programmer. Mudah mudahan dapat bermanfaat, dan jangan ragu untuk ingin memberikan ide/saran/pertanyaan, silahkan tinggalkan sepatah dua patah kata dikolom komentar

(Trend Teknologi Masa Kini | HMI UBL - 11 November 2017)

0 Response to "Belajar Web Programming, Harus Mulai dari mana?"

Post a Comment

Ads Inside Post