Apasih Augmented Reality itu?



Trend Teknologi Masa Kini | HMI UBL - Mengenal yang Namanya Augmented Reality ? Augmented reality atau realitas tambahan adalah teknologi yang dapat menambah benda maya kedalam proyeksi lingkungan sebenarnya. Berbeda dengan Virtual reality (realitas maya) yang sepenuhnya menggantikan lingkungan nyata, realitas tambahan ini hanya menambahkan benda maya pada lingkungan nyata.




Terlihat cukup sederhana...
Namun lebih dari itu, sebenarnya augmented reality ini lebih dari sekedar menambah objek nyata ke lingkungan nyata. Lalu, apa itu augmented reality sebenarnya?

Augmented reality adalah teknologi yang menyatukan benda-benda maya  (baik berdimensi 2 ataupun berdimensi tiga) dan benda-benda nyata kedalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata agar dapat terintegrasi dan berjalan secara interaktif  dalam dunia nyata.
Secara Umum ada dua metode yang digunkan dalam teknologi AR ini: marker based AR dan markerless AR.

1. Marked based AR
Metode ini bekerja dengan memindai tanda atau yang lebih disebut sebagai markerMarker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan berlatar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi dan menciptakan benda virtual 3D di koordinat yang ditunjukan oleh marker
sumber: https://carolinemajorproject.files.wordpress.com

2. Markerless AR
Dengan Markerlees AR, tidak  lagi dibutuhkan marker berupa pola hitam untuk menampilkan objek nyata, dengan lingkup yang lebih luas daripada marker AR.
Berikut beberapa teknik yang dikembangkan oleh markerless AR ini yaitu: face tracking , 3D object tracking, dan location based.

Face Tracking
Dengan teknik ini komputer dapat mengenali manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain disekitarnya seperti pohon,rumah, dan benda-benda lainnya. Teknik ini dugunakan salah satunya pada aplikasi social media snapchat
sumber: https://ulsee.com

3D Object Tracking
Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, sedangkan teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada di sekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain
sumber: https://lmb.informatik.uni-freiburg.de



Location Based
AR berbasis lokasi adalah salah satu aplikasi yang paling sering digunakan dari AR. Keunggulan teknik ini yaitu ketersedian mudah untuk smartphone dan fitur deteksi lokasi anda berada.
Metode ini bekerja  dengan mendeteksi lokasi pengguna dan orientasinya dengan melakukan pembacaan data kemudian mengirimkan infomasi berupa benda-benda maya yang dapat dilihat dari layar kamera ponsel. Teknik inilah yang digunakan dalam game Pokemon Go dan game sejenisnya.
sumber: https://www.tibco.com
Demikianlah pembahasan mengenai augmented reality, Semoga menambah wawasan anda dan jangan ragu untuk ingin memberikan ide/saran/pertanyaan, silahkan tinggalkan sepatah dua patah kata dikolom komentar

0 Response to "Apasih Augmented Reality itu?"

Post a Comment

Ads Inside Post